Sinopsis :60 Menit Terapi Sholat Bahagia (karya Prof.Dr.Moh.Ali Aziz, M.Ag)

Sinopsis :60 Menit Terapi Sholat Bahagia (karya Prof.Dr.Moh.Ali Aziz, M.Ag)

Assalamualaikum Wr Wb.

Beranjak dari kegiatan nonton berita bareng bersama ayah saya selesai Solat Subuh, kami biasanya nonton berita bareng. Nah… Setiap nonton berita itulah selalu saja bikin saya pusing, gk ada yg baik, mulai dari pembunuhan, permerkosaan, kebakaran, sampai datangnya pamain yg katanya legenda sepak Bola dan yg lebih bikin saya cekot-cekot biaya tu datengin tu mahluk = Rp. 16 Milyaar. Masyaallah, uang rakyat itu. BBM dinaikin mau puasa lagi.. Mubadzir. Mungkin para petinggi negara ini gak ada yg tahu tentang Ayat berikut:

”Innal Mubadzirinakaanu Ikhwana Syayaatin, Wakanasyaitonu Inna adzaabi Lasyadid”

Artinya : Sesungguhnya perbuatan mubadzir (menghambur-hamburkan) adalah perbuatan syaitan. Dan sessungguh Syetan akan dikenai adzab sangat pedih

Diatas Surat nya saya lupa, tapi merupakan ayat alquran. Pengin banget Update Status di FB, tapi nanti malah ghibah so saya Update Blog kesayangan aja.

Kemabali ke Topik, Buku dengan judul 60 Menit Terapi Sholat Bahagia (karya Prof.Dr.Moh.Ali Aziz, M.Ag) bisa anda dapatkan di toko buku terdekat:)

Buku tersebut secara tidak sengaja saya baca karena tertunmpuk di tempat buku dirumah, karena rasa penasaran, akhirnya saya baca.

Buku tersebut sebenarnya menjelaskan tentang ibadah yang sering di lakukan bahkan wajib oleh umat Muslim sedunia, yaitu Sholat. Siapa muslim yg tidak pernah Solat? (Mungkin ada diluar sana, islam KTP 🙂 ) namun sudahkah anda yakin solat anda benar? Apa syarat solat diterima oleh ALLAH SWT?

Langsung saja kita bahas.
Bab I di dalam buku tersebut membahas tentang Wudhu

A.Hakekat Wudhu, : Wudhu adalah kegiatan membasuh sejumlah anggota badan dengan air untuk menghilangkan kotoran batin, Dan Solat hanya sah jika didahhului dengan wudhu yg benar.

Di  buku tersebut dijelaskan bahwasanya Wudhu tidak hanya kegiatan fisik semata, namun harus disertai dengan dizikir dan niat saat mambasuh bagian-bagian anggota wudhu. Karena disebutkan bahwa Setan sudah mulai menggoda manusia mulai dari saat kita wudhu. Keliatannya enteng, namun jika wudhu tidak sah, maka Solat kita pun tidak sah, hal itu nantinya akan merugikan diri kita sendiri.

Bab II Doa dan Renungan dalam gerakan solat
Bersamaan dengan niat solat, kita memulai solat dengan mengangkat kedua tangan untuk mengucapakan takbir. Sesungguhnya gerakan takbir mempunyai arti bahwasanya kita berserah diiri hanya kepada Allah, tidak kepada siapapun di dunia ini. (bisa diumpamakan penjahat yg ditodong pistol oleh Polisi) Seperti itulah makna dari gerakan takbir. Benar-benar menyerah diri kepada Allah yg maha menggenggam Langit dan bumi

Setalah Takbir, maka kita membaca doa Iftitah yg mana di buku tersebut dijelaskan bermcam doa Iftitah mencapai 13 macam. Lebih lengkapnya ada dibuku.

Setalah Iftitah selesai barulah kita membaca Surah Wajib Al fatihah. Disnilah saya terharu membaca buku ini, karena ternyta selama ini saya solat masih banyak kesalahan. Masih terlalu cepat seakan saya tidak butuh dengan Solat dan hanya menggugurkan kewajiban. Di Alfatihah lah terjadi dialog antara manusia dengan Allah, sehingga di sunnahkan jika membaca alfatihah jangan cepat-cepat disambung dengan ayat selanjutnya.

Alfatiihah Ayat 1-7

“Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allha tuhan semesta alam, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Yang merajai hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tunjukilah kami kejalan yg lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan nikmat, dan bukan jalan orang-orang yang Engkau sesatkan  ”

Diatas merupakan arti Alfatihah, namun beberapa hadis Qudsi meriwayatkan sebagai berikut,

Allah Berfirman: “Aku membagi solat antara Aku dan hambaku menjadi dua bagian. Untuk hambaKu apa yg ia minta. Jika ia membaca Alhamdulillah hi robbil alamin (Segala puji bagi Allab Tuhan Semesta Alamt), Allah menjawab HambaKu telah memuji Aku, jika ia membaca Arahman ni raahim(Yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang) Allah mengjawab Hambaku telah menyanjung aku, jika ia membaca  Maaliki yau middin  (Penguasa hari pembalasan)Allah menjawab hambaku telah berserahn diri kepadaku  jika iya membaca Iyyaka Na’budu waiyyaka nastain (hanaya kepada Engkau lah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami memohon pertolongan) Allah Menjawab, Ini antara aku dan hambaku, dan bagi hambaku apa saja yang ia minta. Dan jika ia membaca Ihdinassiratal mustaqim, sirotolladzina an amta alaihim. Ghoiril magdhubi alaihim waladholin Allah menjawab ini bagian untuk hambaku dan baginnya apa yang diminta” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Di buku tersebut dituliskan  Rasullulloh SAW membaca surah Al Fatihah secara perlahan lahan ayat demi ayat. Oleh sebab itu setelah mengetahui ini, saya pun secara pribadi juga berusaha untuk solat lebih khusuk dan Tuma’ninah. Tidak boleh tergesa-gesa. Karena jika sampai solat kita tidak diterima, kita akan medapat 2 kerugian. 1.Solat kita tidak ada gunanya 2.Kita mendapat dosa karena solat kita yg tidak diterima tersebut khan jadi tidak dianggap Solat. So harus lebih tuma’ninah

Sekian dulu Sinopsis dari buku 60 Menit Terapi Sholat Bahagia (karya Prof.Dr.Moh.Ali Aziz, M.Ag)
Jika ingin tahu lebih jelasnya anda bisa membelinya senndiri di toko buku terdekat. Jika ada waktu luang Insyallah saya lanjutkan

Terima kasih dan semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum..

Ingin mendapat uang jajan tambahan dengan menulis Blog, Klik Disni

 

 

4 thoughts on “Sinopsis :60 Menit Terapi Sholat Bahagia (karya Prof.Dr.Moh.Ali Aziz, M.Ag)

  1. vacation

    When someone writes an post he/she retains the plan of
    a user in his/her brain that how a user can understand it.
    Thus that’s why this post is great. Thanks!

    Reply
  2. discount nhl jerseys

    My brother suggested I might like this website.

    He was totally right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time
    I had spent for this information! Thanks!discount nhl jerseys

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *